Minggu, 13 April 2008

Memilih D-1

Hari ini pesta demokrasi di Jawa Barat.Untuk pertama kalinya rakyat Jawa Barat memilih D-1 secara langsung. Iseng-iseng saya kirim sms ke beberapa teman di Jawa Barat untuk mencari tahu aspirasi mereka."Nyoblos siapa?" tanya saya.

Jawabannya beragam. Umumnya tidak menyebut nama kandidat yang dipilih."Nyoblos yg bukan incumbent,"kata Deni di Bandung.

Uki di Depok lain lagi jawabannya."Orang yg pernah menentang Gus Dur."

Sementara Ginanjar di Cinere dengan gamblang menyebut nama pilihannya."Hehehe.Kang XY (nama kandidat). Sy rindu sama militer euy." Dia menambahkan, "Hd memang favorit, tp saya rada krg sreg. Incumbent ngebosenin.

Yang golput juga ada."Nyoblos yang di rumah aja, bos! Abis gak ada kandidat cagub/cawagub yang sreg," kata Budi, warga Depok.

Dari jawaban di atas terlihat kalau mereka yang tinggal di perkotaan tidak memilih incumbent, dan menginginkan adanya pemimpin baru. Tapi ini tidak mewakili aspirasi mayoritas rakyat Jawa Barat. Sebab yang saya kirimi sms semuanya tinggal di perkotaan.

Mungkin mereka yang tinggal di desa/kampung masih menginginkan incumbent berkuasa kembali. Atau bisa juga mereka memilih tokoh yang populer, yang sudah kenyang pengalaman berkuasa.

Siapa yang bakal berkantor di Gedung Sate? Kita tunggu saja hasil perhitungan KPUD Jawa Barat.

Tidak ada komentar: